Minggu, 03 Januari 2010

Bagaimana Mengubah Liabilitas Menjadi Aset, bag.1

Disini saya sedang belajar... belajar mengubah liabilitas dalam hidup menjadi aset.

Banyak orang suka makan buah, termasuk keluarga saya. Kadang saya suka membeli buah per karton dari teman yang adalah pedagang buah untuk mendapat harga lebih murah. Saya sendiri lebih termasuk karnivora dan penyuka fast food.
Nah, ada 2 liabilitas disini: pertama, saya pemakan daging & fast food, yang kebanyakan melewati proses deep fried, yang notabene tidak baik buat kesehatan (terbukti kolesterol saya tinggi bgt, pernah hampir 400!); kedua, di satu sisi membeli buah dengan harga miring itu bagus, tapi di sisi lain saya konsumtif karena membeli dalam jumlah besar padahal tidak dibutuhkan sebanyak itu.

Jadi bagaimana mengubah kebiasaan liabilitas tsb menjadi aset?

Yang pertama cukup dengan menahan nafsu, kalau ke mal mencium bau harum ayam goreng bapak keriput harus bisa menahan diri untuk tidak beli. Langkah kedua, mulai perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Untuk yang kedua sedikit lebih rumit. Sebelum membeli buah yang saya inginkan, saya tanya dulu siapa yang juga mau. Setelah terkumpul, saya beli, saya jual sebagian, saya makan sebagian. Jadi saya bisa makan buah dengan gratis atau malah dapat untung. Dan akhirnya menjadi salah satu hikmat untuk memulai usaha.

Ada yang mau berbagi buah dengan saya??? Telp saja 021-98622725

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar